Amalan Di Bulan Rojab

SHARE

Di tanggalan Hijriyah, sekarang masuk bulan Rajab. Inilah amalan yang baik dilakukan di bulan Rajab.

Bulan Rajab adalah salah satu dari bulan haram atau bulan mulia. Pada bulan ini, semua hal buruk termasuk perang diharamkan. Maka dikatakan sebagai bulan haram. 

Dalam surat At-Taubah ayat 36, ditafsirkan bahwa Allah menjadikan perbuatan dosa di bulan ini dihitung lebih besar. Begitu juga amalan baik akan dilipatgandakan. 

Dari 4 bulan haram ini, ada Rajab yang juga memiliki datar keutamaan ibadahnya. Apa saja, berikut infonya :

1. Puasa Rajab

Ada 3 perbedaan mengenai puasa Rajab. Pertama, ada yang menganggap itu bid'ah atau tidak disarankan. Lalu ada juga yang menganggap makruh, tidak dilarang namun lebih baik jika tidak dilakukan. 

Yang terakhir adalah sunnah, tidak wajib dilakukan namun di mana jika dilakukan bisa mendapat pahala.

Waktu melangsungkan puasa Rajab dimulai dari tanggal 1-10 Rajab. Namun jika terlewat, kamu masih bisa melanjutkan puasa Senin Kamis dengan pahala yang dilipatgandakan. 

 

2. Qiamul lail atau salat malam

Salah satu sahabat Nabi Muhammad SAW, Sayyidina Ali sering melakukan salat malam kala malam pertama bulan Rajab. 

Dari NU Online, Syekh Abdul Qadir al-Jilani dalam kita al-Ghun-yah diterangkan seperti ini:

Sayyidina Ali radhiyallaahu ‘anhu memfokuskan dirinya untuk beribadah dalam empat malam dalam satu tahun, yaitu malam pertama bulan Rajab, malam Idul Fitri, malam Idul Adha, dan malam Nishfu Sya’ban.

Mama juga bisa melakukannya. Namun tak hanya di malam pertama Bulan Rajab, namun di malam-malam lainnya juga. Karena semua ibadah akan diganjar dengan lebih besar dibanding bulan lainnya. 

3. Membaca doa saat memasuki bulan Rajab

 

Dikisahkan Rasullullah SAW membaca doa saat memasuki bulan Rajab. Seperti inilah bunyi doanya:

Allahumma barik lana fi rajaba wasya'bana waballighna ramadlana

yang berarti: "Ya Alllah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan bulan Sya'ban dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadhan."

4. Membaca shalawat nabi

Dikatakan, dalam bulan haram perbanyaklah ibadah karena inilah saat terbaik mendulang kebaikan. Salah satu yang bisa dilakukan adalah membaca shalawat sebanyak-banyaknya. 

Shalawat nabi bisa dibaca kapan saja, baik itu di pagi, siang, sore, atau malam. Bahkan, di sela-sela waktu istirahat Mama, basahkan bibir dengan tetap bershalawat untuk Nabi.

5. Memperbanyak zikir

Amalan selanjutnya yang bisa dilakukan pada bulan Rajab adalah memperbanyak zikir, termasuk istighfar. 

Dengan memperbanyak istighfar, Allah SWT bisa memudahkan semua urusan dan mengangkat kesulitan. Serta yang paling penting adalah, mengampuni dosa-dosamu. 

Selain itu, kamu juga bisa rutin berzikir pada Allah. Rutinkan zikir pagi dan sore setiap harinya untuk mendapat keridhaan dari Allah SWT. 

Seperti yang dikatakan dalam Al Quran surat Ar-Ro'd ayat 28 yang berbunyi:

yaitu orang-orang yang beriman, dan hati mereka aman tentram dengan dzikir pada Allah, ingatlah dengan dzikir pada Allah itu, maka hati pun akan merasa aman dan tentram. 

Nah, itulah amalan yang bisa kamu lakukan selama bulan Rajab. Masih ada waktu, ayo jangan sia-siakan!

 

by : Medina